terimalah hambu mu ini Ya Allah Hu Akbar

terimalah hambu mu ini Ya Allah Hu Akbar
aku nak jadi hamba Allah yang bertaqwa kepada Nya

Thursday, October 30, 2008

[...] Ciri-Ciri Guru Konstruktivis [...]

Oleh: Akhmad Sudrajat

Menurut Brooks & Brooks (Iim Waliman, dkk. 2001) terdapat beberapa ciri yang menggambarkan seorang guru yang konstruktivis dalam melaksanakan proses pembelajaran siswa, yaitu:

1. Guru mendorong, menerima inisiatif dan kemandirian siswa.
2. Guru menggunakan data mentah sebagai sumber utama pada fokus materi pembelajaran.
3. Guru memberikan tugas-tugas kepada siswa yang terarah pada pelatihan kemampuan mengklasifikasi, menganalisis, memprediksi, dan menciptakan.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menguraikan isi pelajaran dan mengubah strategi belajar mengajar.
5. Guru melakukan penelusuran pemahaman siswa terhadap suatu konsep sebelum memulai pembelajaran.
6. Guru mendorong terjadinya dialog dengan dan antar siswa.
7. Guru mendorong siswa untuk berfikir, melalui pertanyaan-pertanyaan terbuka dan mendorong siswa untuk bertanya sesama teman.
8. Guru melakukan elaborasi respon siswa siswa, baik yang sudah benar maupun yang belum benar.
9. Guru melibatkan siswa pada pengalaman yang menimbulkan kontradiksi dengan hipotesis siswa dan mendiskusikannya.
10. Guru memberikan waktu berfikir yang cukup bagi siswa dalam menjawab pertanyaan
11. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba menghubungkan beberapa hal yang dipelajari untuk meningkatkan pemahaman.
12. Guru di akhir pembelajaran memfasilitasi proses penyimpulan melalui acuan yang benar.

Sumber: Iim Waliman, dkk. 2001. Pengajaran Demokratis (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Sumber: Let’s Talk About Education

Posted in Kelas Jauh, Pembelajaran | Tags: Peta Konsep, konstruktivisme, Constructivism
« Penerapan Peta Konsep Segitiga pada Siswa SMA
Pemahaman Konsep Volume Bola dengan Model Pembelajaran Kontruktivisme dan Kontektual pada Siswa Kelas III SMP »
Responses

[...] Ciri-Ciri Guru Konstruktivis [...]

*

By: Manfaat Peta Konsep dalam Pembelajaran « .:: Peta Konsep Anak Bangsa ::. on 23 April 2008
at 1:11 pm

Guru yang baik juga dapat digambarkan sebagai guru yang berperan sebagai fasilitator (bukan sebagai pengarah); memiliki kemampuan dalam melakukan: “facilitation of learning, communication with impact, formal presentation, technical knowledge, & coaching” (merujuk pada konsep DDI Facilitation Skills). Terimakasih atas isi blog yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Salam, Phillip & Avanti at http://www.imedcoaching.com

No comments: