terimalah hambu mu ini Ya Allah Hu Akbar

terimalah hambu mu ini Ya Allah Hu Akbar
aku nak jadi hamba Allah yang bertaqwa kepada Nya

Friday, July 29, 2011

DENGKI PENGHANCUR KEBAIKAN

Imam Al - Ghazali berkata..
"Dengki (hasad) adalah membenci kenikmatan yang diberikan Allah kepada orang lain dan ingin agar orang tersebut kehilangan kenikmatan itu. Dengki dapat merayapi hati orang yang merasa kalah wibawa, kalah populariti, kalah pengaruh, atau kalah pengikut. Yang didengki tentulah pihak yang dianggapnya lebih dalam hal wibawa, polulariti, pengaruh, dan jumlah pengikut. Tidak mungkin seseorang merasa iri kepada orang yang dianggapnya lebih “kecil” atau lebih lemah.

Sebuah pepatah Arab mengatakan",
“Setiap yang mendapat kenikmatan pasti didengki".

Rasulullah saw. bersabda,
“Hindarilah dengki kerana dengki itu memakan (menghancurkan) kebaikan sebagaimana api memakan (menghancurkan) kayu bakar.” (Abu Daud).

Dengki itu merugikan. Yang dirugikan bukanlah orang yang didengki, melainkan si pendengki itu sendiri. Di antara makna memakan kebaikan, Memusnahkan dan menghilangkan (nilai) ketaatan pendengki sebagaimana api membakar kayu bakar. Hilangnya pahala itu hanyalahsalah satu bentuk kerugian pendengki, masih banyak kebaikan atau peluang-peluang yang
akan akan hilang dari pedengki.

Orang yang dengki juga membiarkan dirinya dikuasai oleh iri dengki hidupnya menanggung beban berat yang tidak seharusnya ada. Bayangkan, setiap melihat orang lain yang di-dengkinya dengan segala kejayaannya, mukanya akan menjadi tertekan, lidahnya mengeluarkan
sumpah seranah, bibirnya berat untuk tersenyum, dan yang lebih bahaya hatinya semakin penuh dengandengki, marah, benci, curiga, kesal, kecewa,resah dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Elokkah kehidupan yang penuh dengan perasaan itu? Tentu saja menyesakkan.

Rasulullah saw. bersabda,
“Menjalar kepada kalian penyakit
umat-umat (terdahulu): kedengkian dan kebencian. Itulah penyakit yang akan mencukur gondol. Aku tidak mengatakan bahwa penyakit itu mencukur rambut, melainkan mencukur agama.” (At-Tirmidzi)

"Sebagaimana yang dirasakan bumi yang luas ini dirasakan sempit. Seperti layaknya penyakit, ketika dipelihara akan mendatangkan penyakit lainnya. Demikian pula penyakit hati yang bernama iri dengki. Bila dia tidak dihilangkan akan mengundang penyakit-penyakit lainnya."

Sebagaimana firman Allah;
“Di dalam hati mereka ada penyakit maka Allah tambahkan kepada mereka penyakit (lainnya).”
(Al-Baqarah: 10)

No comments: